Disamping memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha,
memanfaatkan media sosial secara berlebihan ternyata juga memberikan dampak
negatif bagi citra sebuah perusahaan. Sebagian konsumen merasa terganggu dengan
berbagai macam kiriman iklan ataupun promosi produk yang dikirimkan ke akun
pribadi mereka. Sehingga tidak heran bila sebagian dari mereka memilih keluar
dari member tersebut dan menghapus akun Anda untuk menghentikan penawaran iklan
yang dikirimkan ke akunnya.
Nah, untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut. Berikut ini
kami informasikan tata cara promosi bisnis menggunakan
media sosial, agar iklan yang anda kirimkan tidak menggangguprivacy para
konsumen.
Hal yang paling penting dalam memasarkan produk melalui media
sosial yaitu perhatikan privacy para konsumen. Kebanyakan
pelaku bisnis toko online mengetag
foto atau mengirimkan penawaran produk ke semua pelanggan tanpa seijin
pemiliknya. Sehingga tidak jarang para pelanggan merasa terganggu dengan foto
yang dikirimkan. Sebaiknya, bukalah lapak pada halaman akun yang Anda miliki.
Untuk menarik perhatian konsumen, maka lakukan posting secara rutin agar
postingan Anda selalu berada di halaman pertama dalam beranda.
Hindari postingan yang isinya menjatuhkan atau menghina
pihak-pihak tertentu (seperti pihak kompetitor Anda, konsumen, maupun golongan
lainnya yang berhubungan dengan bisnis Anda). Berhubung akun tersebut di
daftarkan atas nama perusahaan yang Anda miliki, maka sebaiknya hindari
postingan-postingan yang kurang bermanfaat. Hal ini penting karena akan
mempengaruhi pandangan konsumen terhadap perusahaan yang Anda jalankan.
Yakinkan konsumen dengan komentar (testimony) yang
disampaikan para pelanggan melalui akun perusahaan Anda. Strategi ini terbilang
cukup efektif, karena calon konsumen lebih mudah percaya dengan kesaksian para
pelanggan. Bahkan strategi pemasaran seperti diatas juga bisa meningkatkan
brand image sebuah produk, sehingga masyarakat luas semakin percaya dengan
penawaran yang Anda sampaikan di media sosial.
Libatkan pelanggan ketika menjalankan bisnis online melalui media sosial.
Selain memasarkan produk atau jasa melalui media sosial, Anda juga bisa
melakukan riset pasar dengan melibatkan langsung para member yang Anda miliki.
Selain mempermudah Anda untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, strategi
ini juga bisa mempererat hubungan konsumen dan pelaku usaha. Sehingga loyalitas
para konsumen mulai terbangun dan pemasaran pun mulai berjalan lancar.
Cantumkan alamat dan kontak person yang dapat dihubungi, serta
informasikan cara pembayaran dan proses pengiriman produk. Saat ini banyak
kasus penipuan yang sering terjadi melalui media sosial, karena itu untuk
meyakinkan para calon pelanggan cantumkanlah kontak person yang dapat dihubungi
agar konsumen tidak meragukan usaha yang Anda jalankan.
Sebelum akhirnya Anda terjun menjalankan bisnis melalui media
sosial, sebaiknya perhatikan tata cara yang ada dan pergunakanlah secara
hati-hati agar tidak mengganggu privacy para konsumen Anda.
Selamat berkarya, teruslah berusaha dan salam sukses
0 komentar on Gunakan media sosial untuk promosi :
Posting Komentar
Terima kasih Mas bro n sis atas kunjunganya ke blog kami semoga Allah selalu melindungikita " Bila ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi kalau ada umur panjang anda pasti banyak rejeki "